Kegiatan Bedah Proposal PKM merupakan kegiatan talkshow mengenai proposal PKM. Setelah talkshow atau penyuluhan, dilanjutkan dnegan pembagian kelas untuk peserta. Setiap kelas akan diberikan materi khusus mengenai PKM. PKM yang akan dibedah berupa PKM-GT dan PKM-KC yang dibimbing oleh Bu Herny.

MAKSUD DAN TUJUAN:
1. Mengenalkan program kerja BEM-FTI 2019.
2. Memberikan wawasan mengenai PKM kepada seluruh mahasiswa/i.
3. Menjalin hubungan silaturahmi antar mahasiswa/i.
4. Memudahkan peluang mahasiswa/i dalam mengajukan PKM ke PIMNAS.
5. Memudahkan mahasiswa/i dalam mendapat Beasiswa PPA ditingkat Universitas.

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian,sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Pada awalnya, dikenal lima jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat(PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I). Namun, sejak Januari 2009, Ditlitabmas mengelola 6 (enam) PKM. Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) yang semula menjadi tugas DirektoratAkademik dalam pengelolaannya, dilimpahkan kepada Ditlitabmas. Karena sifatnya yang identik dengan PKM-I, KKTM  selanjutnya dikelola bersama-sama PKM-I dalam PKM-Karya Tulis (PKM-KT). Dengan demikian, di dalam PKM-KT terkandung dua program penulisan, yaitu: PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). PKM-I atau selanjutnya disebut PKM-AI yang merupakan artikel hasil kegiatan, tidak lagi ditampilkan dalam Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2018 PIMNAS, namun dipublikasikan pada e-journal. Sedangkan PKM-GT yang berpeluang didiskusikan dalam forum terbuka, diposisikan sebagai pengganti PKM-AI di PIMNAS. Oleh sebab itu, untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri yang dapat dirasakan di Kampus UNISBANK Semarang, kami berinisiatif mengembangkan pikiran mahasiswa di Kampus UNISBANK melewati pelatihan dan Bedah Proposal PKM yang nantinya dapat melahirkan generasi-generasi muda yang inovatif, kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.